Apa Itu Penyakit Infeksi Kuku Onikomikosis? - Tentang Wanita
Apa Itu Penyakit Infeksi Kuku Onikomikosis?

Apa Itu Penyakit Infeksi Kuku Onikomikosis?

Apa Itu Penyakit Infeksi Kuku Onikomikosis - Bukan wanita namanya jika tidak perduli dengan penampilannya dari ujung rambut sampai ujung kaki. Selain perawatan rambut dan kulit, tidak jarang juga yang melakukan perawatan untuk kukunya. Entah itu pedicure, manicure, atau dihias sedemikian rupa dengan nail art.

Onikomikosis – Apakah Onychomycosis


Namun bagaimana jadinya ya kalau kuku yang kita sayangi itu terkena infeksi dan menjadi buruk. Penyakit infeksi kuku onikomikosis bisa menyerang jari tangan atau jari kaki. Infeksi ini terjadi karena jamur atau kurap yang terjadi pada kuku. Yuk kenali lebih lanjut penyakit infeksi kuku onikomikosis ini, agar Anda bisa mencegahnya terjadi pada diri dan orang-orang di dekat Anda.

Penyebab Penyakit Infeksi Kuku Onikomikosis


Penyebab utama dari penyakit infeksi kuku onikomikosis adalah Dermatofita, seperti M. cains, T. rubrum, dan E. floccosum. Namun dari beberapa Dermatofita tersebut, paling banyak ditemui penyakit infeksi kuku onikomikosis yang disebabkan oleh T. rubrum. Infeksi kuku ini juga bisa disebabkan oleh kelompok ­non-dermatofita dan yeast.

Penyakit infeksi kuku onikomikosis terkadang memiliki faktor pemicu tertentu, seperti orang yang memiliki sirkulasi darah yang buruk pada kaki, lansia, iklim tropis, penderita diabetes, penderita HIV, efek samping dari obat, dan kesehatan yang buruk.

Gejala Penyakit Infeksi Kuku Onikomikosis


Jamur Kuku, Bercak Putih atau Kuning Pada Kuku


Ada beberapa gejala tertentu yang mungkin akan Anda rasakan ketika menderita infeksi ini. Diantaranya adalah:

  1. Munculnya lapisan kusam berwarna kuning atau putih pada kuku.
  2. Kuku meradang dan diakhiri dengan munculnya kerak di bawah kuku.
  3. Bagian tepi kuku menjadi rapuh.
  4. Pada bagian lunula (halfmoon), akan tampak bercak putih yang mengelupas dan lubang-lubang kecil di bagian atas kuku.
  5. Semakin lama, kuku akan semakin rusak secara keseluruhan.


Penanganan Penyakit Infeksi Kuku Onikomikosis


Infeksi ini memang sedikit menyeramkan untuk dilihat, namun tentunya bisa disembuhkan. Dokter biasanya akan menyarankan pemakaian obat anti jamur. Ada pula pengobatan yang bisa dilakukan secara tradisional dengan bahan-bahan yang ada disekitar kita, seperti minyak lavender, lengkuas, minyak zaitun, dan alkohol. Namun bila penyakit infeksi kuku onikomikosis ini sudah semakin parah, dokter akan mengambil tindakan operasi kecil pada kuku yang terinfeksi.

Penyakit infeksi kuku Onikomikosis

Pencegahan Penyakit Infeksi Kuku Onikomikosis


Selama masih bisa dicegah, kenapa harus mengobati? Karena penyakit infeksi kuku onikomikosis ini sering disebabkan oleh jamur, apa yang harus Anda lakukan tentu saja adalah menjaga kebersihan kuku jari dan tangan Anda. Jangan pernah berjalan di jalanan umum tanpa alas kaki dan selalu gunakan gunting kuku yang bersih. Kaos kaki, stocking, dan sepatu juga harus selalu dijaga kebersihannya. Bila sudah terjadi infeksi, sebaiknya jangan menunda perawatan dan konsultasikan ke dokter.

Share with your friends

Ad Placement